Bararawa: Destinasi Wisata Kalsel Nan Eksotis


Bararawa merupakan destinasi wisata Kalsel yang wajib Anda kunjungi. Asal tahu saja, keindahan sunset di pantai bisa kalah oleh pesona kawasan rawa ini. Bararawa menyuguhkan lansekap alam yang bercengkarama dengan estetika tradisional.

Lansekap Bararawa yang alami
(Dokumentasi WALHI Eksekutif Daerah Kalsel)

Rumah Panggung dan Keluarga Kerbau

Tidak perlu pikir panjang. Kapan lagi bisa melihat kearifan lokal masyarakat Kalimantan Selatan, dengan rumah-rumah panggung di atas danau rawa. Kehidupan setempat ialah sumber filosofi hidup.

Sembari duduk di perahu, nikmati indahnya burung-burung air mencari makan dan keluarga kerbau berkubang lumpur. Wajah polos para kerbau yang berlarian di rawa seolah mengalahkan kemolekan gadis di pantai.

 Keluarga Kerbau Berkumpul di Kubangan Lumpur, Bararawa
(Dokumentasi WALHI Eksekutif Daerah Kalsel)

Terbanglah Menuju Eksotika

Tempat eksotis ini terletak di Bararawa, Kecamatan Peminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penerbangan dengan Garuda Indonesia bisa mengawali perjalanan Anda dari manapun berasal. Sesampainya di Bandara Syamsudin Noor, Anda bisa melalui perjalanan darat kurang lebih 185 km sambil menikmati suasana perkotaan Banjar menuju Dermaga Danau Panggang.

Dari situ, sebuah kelotok (perahu tradisional) dapat mengantar Anda ke Bararawa dalam waktu 30 menit. Selama menyusuri rawa, siap-siap takjub dengan lautan eceng gondok nan luas seakan tak bertepi. Gemericik air, suara kelotok, keheningan alam, dan segarnya udara berpadu membentuk harmoni yang merelaksasi pikiran Anda.

Di ujung perjalanan, rumah-rumah panggung yang bersebarangan seakan jadi gerbang Selamat Datang di Bararawa. Saatnya menyantap budaya lokal pun tiba.

Horizon Bararawa  yang Siap Menyambut Anda
(Dokumentasi WALHI Eksekutif Daerah Kalsel)

Kerbau Tanpa Gembala

Pagi hari, kalang alias kandang kerbau dibuka. Hewan ala Matador itu pun bebas berkeliaran hingga 5 kilometer jauhnya. Masyarakat setempat menyebutnya hadangan. Ajaib, gerombolan binatang tersebut akan pulang dengan sendirinya ketika sore tiba. Sebuah jam biologis unik dari hewan molek itu.

Sekumpulan Kerbau Telah Lepas Kalang
(Dokumentasi WALHI Eksekutif Daerah Kalsel)

Sebagai destinasi wisata Kalsel, Bararawa menjawab kebutuhan mereka yang bosan dengan pemandangan laut atau pegunungan. Agar ekstotikanya tetap terjaga, para traveller diharapkan turut menjaga pesonanya. Bawalah kantong jika tempat sampah sedang sulit dijangkau. Bawalah kenangan namun jangan tinggalkan kerusakan.

Pesona Bararawa yang Tak Bisa Ditolak
(Dokumentasi WALHI Eksekutif Daerah Kalsel)

Nah, segera kunjungi Bararawa bersama Garuda Indonesia yang siap menghubungkan Anda pada keindahan alam tanah air.

lomba blog wisata kalsel

Komentar

  1. jujur, kalau ulun yg jadi juri, postingan ini yg menang... jurinya kemarin memang 'error'. kad bisa membedakan tulisan bagus lawan kada.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Parodi Selendang Merah

Review Buku - A Beautiful Lie

Revie Buku - Kumcer PMLH